ternak bebek modern
tata cara pemeliharaan dod PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 19 March 2014 05:22

Cara Memelihara DOD/Meri Agar Terhindar Dari Penyakit


Sahabat bebek lampung kebetulan ada yang nanya caranya memelihara dod/meri supaya tidak mati. DOD (Day Old Duck) adalah bebek baru menetas atau biasa disebut meri. Pembesaran DOD/Meri periode pertama disebut periode starter yaitu pembesaran itik umur 1 hari sampai dengan umur 2 bulan. Pemeliharaan/pembesaran anak bebek/itik selama periode strarter harus sangat teliti agar meri/dod tidak mudah terkena penyakit dan mati, setidaknya meliputi beberapa aspek seperti berikut:

Hal2 Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembesaran Anak Bebek/itik

1. Induk Buatan

Induk buatan sangat dibutuhkan itik pada periode starter, anak itik membutuhkan suhu ruang antara 35°C pada umur 1 minggu dan berangsur-angsur diturunkan hingga 18°C pada umur 4 minggu. Adapun sumber panas untuk menghangati anak itik dapat mengggunakan gasolek, lampu pijar ataupun lampu minyak yang dapat diletakan di atas induk buatan dengan ketinggian sekitar 45cm dari lantai.

2. Kebutuhan Ruang

Selain ditentukan oleh jenis itik yang akan dipelihara, kebutuhan ruang untuk anak itik juga ditentukan oleh cara pemeliharaan itik jantan dan betina serta tujuan pemeliharaaan itik, apakah akan dibudidayakan sebagai itik penghasil telur atau sebagai itik pedaging. Kepadatan populasi di dalam kandang dapat mempengaruhi pertumbuhan itik. Di mana keadaan kandang yang terlalu sempit dapat mengakibatkan peningkatkan akumulasi zat karbon dioksida serta penurunan kadar oksigen di dalam kandang yang dapat menyebabkan pertumbuhan yang lambat serta itik rentan terhadap penyakit hingga dapat mengakibatkan kematian pada anak itik.
Apabila pemeliharan itik umur 1 – 21 hari dilakukan di kandang pembesaran, maka cara mengatur kepadatan populasi dilakukan dengann cara luas kandang diperlebar dengan menggeser pagar penyekat sedemikian rupa sehingga luas kandang yang dimaksud sesuai dengan umur maupun jumlahnya. Apabila anak itik dipelihara di dalam kandang box, dilakukan dengan cara memindahakan sebagian itik ke dalam kandang box lainnya sehingga jumlah anak itik sesuai dengan luas kandang box yang ada. Kepadatan populasi ternak berdasarkan umur itik adalah sebagai berikut :



3. Minuman dan Tempatnya

Itik membutuhkan air minum yang lebih dibandingkan dengan unggas lainnya. Untuk itu air minum diberikan dengan tidak terbatas maksudnya agar ketersedian air minum untuk itik selalu tercukupi. Apabila itik kekurangan air minum dapat menyebabkan pertumbuhan itik menjadi lambat. Tempat air minum itik sebaiknya menggunakan tempat minuman buatan pabrik yang berbentuk gallon ataupun tempat minuman yang berbentuk memanjang. Adapun ukuran tempat minuman itik tergantung dari jumlah anak itik yang dipelihara, untuk 100 ekor anak itik dibutuhkan 3 hingga 4 buah tempat minuman berbentuk gallon tenteng 3,81 atau 2 buah pipa paralon masing-masing sepanjang 3 meter.
Untuk menghidari itik dari berbagai penyakit, sebaiknya tempat minuman dibersihkan dan dicuci setiap hari dengan menggunakan deterjen ataupun desinfektan dengan dosis sesuai yang dianjurkan oleh pabrik pembuatnya. Transportasi dari tempat asal DOD ke tempat peternakan seringkali mengakibatkan anak itik mengalami stres. Untuk mengatasi masalah tersebut maka setelah anak itik dimasukan ke kandang (induk buatan), anak itik diberikan air minum yang dicampur dengan gula (50g gula/1 liter air) serta vitamin dan antibiotik pada hari pertama. Selanjutnya vitamin dan antibiotik dapat diberikan sampai anak itik berumur 3 hari. Pemberian pakan untuk anak itik dapat dilakukan setelah anak itik meminum campuran gula,vitamin, antibiotik dan air. Biasanya pakan diberikan setelah 3 jam kemudian.

4. Pakan dan Tempatnya

Pada periode starter anak itik harus mendapatkan pakan yang baik dimana kebutuhan pakan dengan kandungan protein kasar sebanyak 20% dan ME (energi metabolisme) 3000kkal/kg. Disamping kebuthan protein dan energi metabolisme, pakan itik pada periode starter juga harus memenuhi zat-zat lain yang akan dijelaskan pada halaman PAKAN. Adapun alternatif tempat pakan untuk setiap 100 ekor anak itik antara lain berupa empat buah tempat pakan berbentuk piringan bulat dengan garis tengah sekitar 30 cm, tiga buah tempat pakan dengan garis tengah sekitar 40 cm atau dapat digunakan tempat pakan memanjang dengan ukuran 5 cm per ekor.
Pakan untuk itik periode starter dapat dibeli di toko pakan ternak. Dari berbagai produk pakan ternak termasuk pakan itik periode starter agar memperhatikan kadar protein, energi metobolisme serta zat-zat lainnya agar sesuai dengan kebutuhan anak itik. Alternatif pakan dapat anda pelajari pada halaman PAKAN yang akan menjelaskan secara rinci tentang pakan itik baik kebutuhan akan zat gizi, bahan baku pakan buatan, cara pembuatan pakan altenatif dan lain sebagainya.

5. Kontrol Berat Badan

Untuk memperoleh bibit itik yang baik, peternak juga harus memperhatikan bobot berat badan itik. Untuk mengkontrol berat badan itik dapat dilakukan pada itik umur 4 minggu, selanjutnya kontrol berat badan dapat dilakukan setiap minggu di mana itik tidak diberi makan. Penimbangan dilakukan secara acak dengan jumlah kurang lebih 10% dari total populasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kerangka badan itik dapat terbentuk dengan baik sehingga diharapkan dapat memberikan produksi yang lebih baik, terutama bersarnya telur pada saat periode layer (masa bertelur) nanti. Agar berat badan itik seragam, perlu disediakan pakan, minuman, ruang yang cukup dan program seleksi.

6. Seleksi

Pada periode starter perlu dilakukan seleksi, itik yang lemah dapat dibuang dan secepatnya dilakukan pengelompokan itik berdasarkan berat badannya dengan kategori itik kecil, itik sedang dan itik besar. Itik yang kecil perlu diberi makanan extra. Maksud dari pengelompokan ini agar kemampuan itik untuk berebut pakan sama. Selain itu juga akan memudahkan penghitngan jumlah pakan yang harus diberikan sesuai dengan pengelompokan itu.

7. Pencegahan Penyakit

Penanganan itik pada periode starter harus dilakukan dengan seksama. Pada minggu pertama pemeliharaan anak itik merupakan masa kritis oleh sebab itu perhatian yang lebih harus diberikan kepada anak itik. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan setiap jam dan memastikan anak itik dalam keadaan yang baik. Selain itu ketersediaan air minum, pakan, keadaan kandang (induk buatan), apakah pemanas berfungsi dengan baik, penerangan kandang serta kebersihan tempat makan dan minum itik. Pencegahan penyakit dilakukan dengan cara memberikan vaksinasi yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan tempat itik dipelihara.
Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara anak bebek/DOD/Meri agar sehat dan tidak mati. Semoga bermanfaat.

 
MENGATASI DAN MENGOBATI PENYAKIT BEBEK PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 19 March 2014 05:18

Mengatasi dan Mengobati Penyakit Bebek Petelur / Pedaging


Ada beberapa cara mengatasi atau mengobati penyakit pada bebek petelur / pedaging. Walaupun ternak bebek tahan terhadap berbagai penyakit tetapi pengetahuan dan keterampilan peternak dalam mendiagnosa atau menentukan jenis penyakit pada ternak bebek perlu dimiliki.
Adapun kemampuan dan keterampilan yang harus dimiliki peternak antara lain seperti berikut :
  1. Peternak dapat membedakan penampilan bebek yang sehat dan  bebek  yang sakit.
  2. Dapat mengenali bagian tubuh bebek yang mengalami kelainan.
  3. Dapat menentukan langkah-langkah pertolongan pertama yang perlu segera dilakukan.
  4. Dapat membedakan penampilan tinja (kotoran bebek) yang normal dan tinja bebek yang sakit.
  5. Mengetahui tempat untuk berkonsultasi bila terjadi gangguan penyakit pada ternak peliharaannya.
  6. Mampu menyiapkan informasi sebagai bahan konsultasi sehingga memudahkan dan mengarahkan dugaan jenis penyakit sebelum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa Jenis Penyakit Pada Ternak Bebek Berikut Cara Mengatasinya
Pada dasarnya penyakit yang menyerang ternak itik dapat dibagi dalam dua kelompok, yaitu : Penyakit tidak menular dan Penyakit menular.
A. Penyakit Tidak menular
Penyakit ini disebabkan oleh buruknya tata laksana pemeliharaan seperti keracunan, pemeliharaan kesehatan dan kebersihan yang buruk, kekurangan vitamin dan mineral dan lain-lain.
1. Stress (cekaman)
Stress atau cekaman pada itik bisa disebabkan oleh berbagai faktor pengganggu yang secara langsung mempengaruhi fisiologi tubuh itik, misalya kebisingan, kurang kebebasan bermain dekat air, berpindah-pindah tempat, pertukaran pakan dan lain sebagainya.
Obat untuk menanggulangi stress belum ada. Yang dapat dilakukan peternak adalah menghidari segala gangguan yang dapat menimbulkan stress yaitu dengan cara memelihara lingkungan dan menjaga kebersihan lingkungan peternakan.
2. Kekurangan Vitamin A
Pakan yang tidak cukup mengandung vitamin A dapat menyebabkan kekurangan vitamin A pada ternak itik dan akhirnya mengganggu pertumbuhan. Tanda-tanda itik yang kekurangan vitamin A adalah : itik akan tampak selalu mengantuk, kondisi kaki lemah, mata tertimbun lendir warna putih dan mudah terkena infeksi. Pada itik umur sekitar 4 minggu itik yang kekurangan vitamin A terlihat selaput matanya menebal dan kering, air mata keluar berlebihan, bagian bawah mata tertimbun cairan lendir. Sedang pada itik dewasa, kekurangan vitamin A mengakibatkan penurunan produksi telur, tubuh mengurus dan lemah.
Jagung kuning merupakan sumber vitamin A yang sangat diperlukan dalam komposisi pakan itik. Penyakit kekurangan (defisiensi) vitamin A umumnya terjadi karena peternak mengganti jagung kuning dengan jagung putih yang miskin vitamin A.
3. Brooder Pneumonia
Penyakit brooder pneumonia umumnya menyerang anak itik yang masih memiliki bulu-bulu halus. Penyakit ini disebabkan oleh karena kotak atau pelingkar tripleks/seng terlalu padat, lampu pemanas untuk induk buatan kurang panas sehingga anak itik kedinginan dan merasa pengap. Tanda-tanda anak itik terserang penyakit ini adalah pembengkakan di kepala, pernapasan terlihat sulit dan mata selalu mengeluarkan air.
Pencegahan terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan mengontrol kapasitas kotak atau pelingkar dan mengontrol panas induk buatan. Pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian satu sendok teh baking soda dalam satu quart (1,136 liter) air minum selama 12 jam untuk mengurangi penyebaran penyakit.


4.Rickets Duck (kekurangan vitamin D)
Kekurangan vitamin D yang disertai kekurangan Calsium dan Fosfor dapat menimbulkan penyakit tulang yang menyebabkan kelumpuhan pada itik. Penyakit ini biasanya dinamakan “Rickets duck”. Itik yang terserang penyakit ini akan mengalami penyimpangan dan kelainan pada persendian kakinya.
Pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan pakan yang cukup mengandung mineral calsium, fosfor da vitamin D. Ke dalam ransum itik harus ditambahkan 2% tepung tulang dan itik harus mendapat sinar matahari langsung.
5. Antibiotika Dermatitis
Penyakit ini terjadi pada itik karena penggunaan obat-obatan yang mengandung antibiotika secara berlebihan.
Akibatnya kulit itik menjadi kering , bulu rontok dan mudah patah, itik selalu gelisa karena gatal-gatal pada kulitnya.
Pencegahan terhadap penyakit ini adalah dengan menggunakan antibiotika seperlunya. Penghentian pemberian antibiotika serta pemberian “laxative” (obat pencahar) ringan seperti “molasses” dapat memulihkan kondisi ternak itik yang menderita dalam 4 – 6 hari.
6. Mycosis
Penyakit mycosis pada itik terjadi karena itik secara tidak sengaja mengkonsumsi pakan yang sudah basi atau jamur yang tumbuh di lantai (litter) kandang. Itik yang keracunan jamur terlihat lesu, nafsu makan berkurang dan dalam beberapa hari berat badan merosot tajam. Bila tidak diketahui, itik akan mati dalam waktu seminggu.
Pencegahan dapat dilakukan dengan pemeliharaan kesehatan dan kebersihan kandang yang baik. Lantai kandang secara berkala dijemur dan diusahakan tidak lembab dan diberi kapur terutama pada musim hujan.
Pengobatan penyakit mycosis karena jamur bisa dilakukan dengan memberi antibiotika yang dicampurkan ke dalam air minum atau pakan itik.
7. Botulism
Penyakit botulism (limberneck) pada umumnya terjadi karena itik makan bangkai. Misalnya pemberian makanan daging bekicot yang sudah layu. Bangkai yang sudah berulat mengandung kuman yang berbahaya yaitu “clastrididium botulinium”. Kuman tersebut memproduksi racun.
Tanda-tanda itik yang terserang penyakit ini adalah leher itik seperti tidak bertulang, tidak tegap atau lunglai setelah itik memakan bangkai 1 – 3 hari. Beberapa jam kemudian setelah leher lunglai mengakibatkan kematian.
Pencegahan dilakukan dengan memelihara kesehatan lingkungan yang baik dan tidak memberi pakan yang sudah basi (bangkai). Bila masih memungkinkan ternak itik yang sakit dapat diberikan obat-obatan pencahar agar itik mencret dan kuman beserta racunnya dapat ikut keluar dari saluran pencernaan.
Pengobatan secara tradisional yang dapat membantu menyembuhkan yaitu dengan memberikan minyak kelapa satu sendok makan dan air minum yang bersih. Minyak kelapa akan membuat itik haus dan ingin minum sebanyak-banyaknya. Jika itik banyak minum, racun dalam darah itik akan encer dan daya kerjanya berkurang, dengan demikian angka kematian dapat dihindari.
8. Keracunan Garam
Penyakit keracunan garam umumnya terjadi bila air itik atau kolam air mengandung kadar garam yang tinggi, juga bila bahan baku pakan tertentu mengandung kadar garam yang tinggi.
Keracunan garam pada itik lebih sering terjadi di lokasi peternakan dekat pantai/tambak yang airnya tercemar garam.
Ternak itik tidak tahan terhdap garam yang berlebihan, konsentrasi 2% saja dalam ransum atau 4.000 ppm dalam air minum dapat menimbulkan kematian terhadap ternak itik.
B. Penyakit Menular
Penyakit menular pada itik merupakan penyakit yang disebabkan oleh : virus, bakteri atau kuman yang dapat ditularkan melalui kontak langsung atau melalui udara.
1. Fowl Cholera (kolera itik)
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri “Pasteurella Avicia”. Kandang yang basah serta lembab dapat mempercepat penularan. Penyakit yang menyerang anak itik umur 4 minggu dapat menimbulkan kematian hingga 50%, sedangkan pada itik dewasa dapat menimbulkan kematian kurang dari 50%.
Gejala penyakit ini adalah : sesak nafas, pial bengkak dan panas, jalan sempoyongan. Itik yang terserang penyakit kolera yang akut akan meratap dan mengeluarkan suara yang nyaring dan keluar dari kelompoknya.
Keganasan penyakit ini dapat menyebabkan infeksi darah dan itik akan mengalami kematian secara mendadak.
Pencegahan dapat dilakukan dengan vaksinasi Fowl Cholera. Pengobatan bagi itik yang terserang pada tingkat awal dapat digunakan obat Choramphenicol, Tetracycline atau Preparat-preparat Sulfat.
2.Fowl Pox (Cacar)
Penyakit cacar ini menyerang itik pada segala umur dan penyebabnya adalah virus. Tanda-tanda penyakit ini adalah dengan munculnya benjolan-benjolan pada bagian badan itik yang tidak tertutupp bulu seperti kaki dan kepala. Penyakit cacar basah menyerang rongga mulut dan bentuk “diptherie” dan kematian terjadi karena itik kesulitan makan dan minum.
Pencegahan dapat dilakukan dengan cara vaksinasi yang disuntikan dibalik sayap itik. Pengobatan cacar kering berupa benjolan-benjolan dapat dilakukan dengan jalan mengelupasi benjolan-benjolan sampai berdarah kemudian diolesi dengan yodium tingture (6-10%).
3. White Eye (Mata Memutih)
Penyakit yang diduga disebabkan oleh virus ini menyerang itik pada segala umur dan yang paling peka adalah itik umur
kurang dari 2 bulan. Biasanya itik yang kurang vitamin A mudah terserang penyakit ini. Kandang yang lembab dan lantai (litter) yang basah juga memudahkan itik terserang penyakit ini.
Tanda-tanda anak itik yang terserang penyakit ini adalah : cairan putih bening keluar dari mata dan paruh, kotoran yang bening dalam beberapa jam berubah menjadi kekuning-kuningan, itik sulit bernafas, lemah dan akhirnya lumpuh. Bila sampai kejang-kejang, kematian tak bisa dihindari.
Pencegahan dan pengobatan bisa dilakukan daengan antibiotika yang dicampur air minum atau pakan. Antibiotika yang
sering digunakan adalah Oxytetracycline (terramycin) atau Chlortetracycline (aureomycins) dengan dosis 10 gram per 100 kg pakan atau 10 gram dalam 40 gallon air minum akan membantu mengontrol penyakit white Eye.
4. Coccidiosis
Coccidiosis adalah penyakit berak darah yang juga menyerang itik, gejala itik yang terserang penyakit ini adalah kurang nafsu makan, berat badan menurun drastis dan akhirnya lumpuh. Penularan melalui kotoran itik yang membawa coccida dan terjadi relatif cepat pada itik segala umur, tetapi yang banyak terserang adalah anak itik.
5. Coryza
Penyakit coryza disebut juga penyakit pilek menular. Penyebabnya adalah semacam mircro organisme. Penyakit ini biasanya terjadi pada awal pergantian musim. Penularannya sangat cepat yaitu melalui kontak langsung antara itik yang sakit dan itik yang sehat.
Tanda-tanda itik yang terserang penyakit pilek menular adalah keluarnya kotoran cair kental dari mata. Jadi penyakit ini mirip dengan penyakit White Eye. Anak itik umur 1 minggu sampai umur 2 bulan, merupakan itik yang sering terserang penyakit ini. Akan tetapi itik dewasa pun dapat pula terserang wabah penyakit coryza ini.
Pengobatan yang paling efesien adalah dengan menyuntikan “Streptomycin Sulphat” secara individual dengan dosis 0,4 gram rendah dengan patokan berat badannya. Penyuntikan dapat dilakukan sekali dalam sehari selama beberapa hari dengan dosis streptomycin setengah dari dosis di atas.
6. Salmonellosis
Penyakit salmonellosis menyerang itik pada segala umur dan dapat menyebabkan angka kematian hingga 50%. Penyebabnya adalah kuman “Salmonella Anatis”, melalui perantaraan lalat atau makanan atau minuman yang tercemar kuman tersebut.
Pencegahan, dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan dan kebersihan kandang dan secara berkala dilakukan pembersihan kandang agar kandang terbebas dari kuman salmonella. Pengobatan dapat dilakukan dengan memberikan “Furazolidone”.
7. Sinusitis
Penyakit sinusitis dapat menyerang itik dewasa sehingga dapat menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Penyakit ini dikarenakan tata laksana pemeliharaan yang buruk, kekurangan mineral dalam pakan dan tidak tersedianya kolam untuk bermain. Akibatnya itik menjadi renta mendapat infeksi sekunder.
Tanda-tanda itik yang terserang penyakit ini adalah : terjadi pembengkakan sinus, dari lubang hidung keluar cairan jernih, sekresi mata menjadi berbuih, sinus yang membengkak menimbulkan benjolan di bawah dan didepan mata.
Pencegahan dapat dilakukan dengan tata laksana pemeliharaan yang baik. Pengobatan bagi iti yang sakit, adalah dengan menyuntikan antibiotika (streptomycin) ke dalam sinus yang sakit. Dosis pada itik dewasa adalah sebanyak 0,5 gram streptomycin yang dilarutkan ke dalam 20 cc aquadest. Larutan ini disuntikan ke dalam sinus. Untuk pengobatan yang lebih mudah, dosisnya dikurangi. Pengobatan seperti ini dilakukan sekali dalam 48 jam.
8.Aflatoksikosis
Aflatoksikosis yang menyerang itik pada umumnya disebabkan oleh “Aflatoksin” yang dihasilkan oleh “Asperqillus Flavus”. Aflatoksin menyerang hati, sehingga itik yang terserang penyakit ini hatinya membersar.
Tanda-tanda itik yang terserang penyakit ini adalah : kondisi sangat lemah, terjadi pendarahan di bawah kulit dan jari, terhuyun-huyun, akhirnya mati dalam posisi terlentang. Anak itik lebih muda terserang penyakit ini dibanding dengan itik dewasa.
Pencegahan bisa dilakukan dengan pemeliharaan kebersihan lingkungan kandang, penaburan kapur di lantai kandang, pembersihan kandang agar terbebas dari serangga. Pengobatan hanya dapat diusahakan dengan memberikan antibiotika yang dicampurkan dalam air minum atau pakan.
Demikianlah beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang ternak itik serta cara pencegahan dan cara mengobati, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para peternak, sekian dan terima kasih.

 
POTENSI TERNAK BEBEK PETELUR 2014 PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 21 September 2011 15:55

 

bebek siap telur

 

salam wek wek
disini saya ingin menawarkan kepada saudara- saudara yang bingung mau bisnis/ usaha apa yang minim resiko dan semua dapat dikontrol dengan mudah tanpa harus turun tangan sendiri. dan bisa menjadi passiv income yang dahsyat.
yaitu ternak bebek secara intensif full kering tanpa angon. tinggal kasih makan dan ambil hasilnya tiap pagi.
semua pengeluaran terperinci dan keuntungan bisa terlihat setiap hari.
cashflow sangat lancar karena rata pembeli telur bebek bayar cash.
dan ini lah kenapa memilih ternak bebek petelur:
. kebutuhan telur yang sangat tinggi jadi tidak perlu repot untuk memasarkan hasil ternak.

· Pemeliharaan yang mudah1tenaga kerja sudah bisa menghandel 1000ekor lebih bebek petelur.

. pakan mudah didapat karena pakan utama bebek petelor adalah bekatul dan konsentrat bebek petelur

· Setelah masa afkir bisa dijual lagi, dan harga bebek afkir saat ini lumayan tinggi jd kedepan untuk mengganti dengan bebek muda yang siap telur cukup menambahkan sdikit dana.

· Tiap hari  Untung rugi dalam beternak bisa langsung terlihat,karena tinggal mengkalkulasi jumlah telor yang dihasilkan

· Daya produksi bebek yang relatif lama, rata2 bisa produksi 1thn baru di afkir

Trik –trik pemeliharaan bebek petelor untuk 500ek0r:

· Kandang :

1. Untuk tiap 100 ekor bebek. Luas kandang yang ideal minimal 6m x 7m.                                      500ekor bebek : 6m x (7m x 5) = 6m x 35m                                                                                        Smakin luas kandang smakin baik

2. Kandang sbaiknya dibuat full atap tertutup baik dengan genteng ataupun asbes agar bebek bertelur stabil, dan tidak terganggu cuaca.

uaca
3. membeli bebek siap telur yang berkualitas.
tentu hal ini menjadi perkara yangsulit bagi peternak pemula karena disini lah tingkat yang paling sulit untuk membedakan bebek yang siap telur dengan yang belum berumur cukup

. oleh karena itu kami disini siap membantu menyediakan bebek siap telur yang bisa cepat memberikan keuntungan kepada saudara peternak

kalkulasi modal :

Bebek 500ekor x 75rb = 37,5 jt

Pakan rata2 bebek sehari 12kg untuk 100ekor,

500 ekor bebek jumlah pakan yang dibutuhkan tiap hari

12 x 5 = 60kg

Dengan perbandingan  40 kg bekatul : 20 kg konsentrat petelur

· Pakan shari= ( harga bekatul rata2 : 2800/kg x 40 )+ (konsentrat rata2: 8000/kg x 20)

=   112+160

=  272rb

asil telor rata2 untuk bebek adalah 80% bahkan lebih

hasil telor tiap hari 500 x 80% = 400butir.

Sekarang harga telor dipasaran rata2 1500-1600per butir.

Kita hitung kemungkinan terburuk harga 1400/btir

· Keuntungan kita = (jumlah telur tiap hari – jumlah pakan)

= (400 btr x 1400(harga telor))- 272

= 560rb-272rb

=288rb

Untuk ternak 500ekor  Tiap bulan kita bisa dpat hasil:

288

rb x 30hr = 8.640.000

Untung kotor  Tiap tahun     :

8,64

jt x  12      = 103,680,000

· Dan stelah 1 tahun kita harus meremajakan bebek kita agar bisa tetap bertelur maksimal. tapi kita masih mempunyai bebek yang sudah kurang produktif harus kita afkir dan dapat ditukar dengan bebek bayah yang siap telor lagi.

Harga rata2 bebek afkir 45rb,kita hitung kemungkinan paling buruk 40rb/ ekor

500 x  40rb = 20jt

Total keuntungan bersih kita tiap tahun=

=(keuntungan kotor 1tahun +total penjualan afkir )- harga bebek bayah siap telur

=(103,68jt + 20jt) – 37.5jt

= 123,68jt-37,5jt

= 66,18jt

 

( jadi kita masih dapat untung 66,18jt/tahun dan bebek kita sdah berganti bebek yang produktif lagi)

Menurut kalkulasi diatas bisa kita lihat kalau ternak bebek petelur masih cukup menjanjikan dan dapat dijadikan penopang hidup ataupun untuk usaha sampingan, bisa jg dijadikan passive income karena semua serba mudah dan bisa kita pekerjakan kepada orang lain,

 

bisa dibayangkan jika bebek yang kita pelihara jumlahnya lebih dari 500ekor, tentu pemasukan lebih besar lagi

lapalagi au kita bisa me membuat nilai tambah dari hasil ternak bebek, contohnya

1. mengolah telur bebek menjadi telur asin
2. menjual langsung telur kita ke pedagang telur asin, pembuat martabak, dapat saya pastikan harga lebih stabil daripada jual ke pedagang yang blum end user
3. menjual telur ke penetas dod, dengan cara menambahi pejantan diternak kita, biasanya selisih 250rp per butir lbh tinggi drpd harga konsumsi
4. menjual kotoran bebek kita, lumayan bisa bayar tenaga kerja

 

Untuk teman2 yasaudara yang mempunyai jiwa entrepreneur tentu tidak ingin melewatkan usaha ini untuk segera take action.

 

 

 

email    = This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

· Hp        = 085749061935/081327013002 ( telp atau sms )

pin : 28e991f9

· Web    = www.bebekdarat.com

· Alamat lengkap:

sedadi rt10 rw3 desa sambungmacan

kec. Sambungmacan, kab. sragen

prop.  jawatengah

Last Updated on Monday, 17 March 2014 05:01
 
KEMITRAAN BEBEK PEDAGING PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 21 September 2011 15:51

 

salam wek wek
disadari atau tidak daging bebek saat ini menjadi primadona di berbagai wilayah indonesia, bahkan karena minimnya pasokan sampai import daging bebek peking dari luar negeri dalam bentuk frozen.
tentu ini bagi orang yang sadar peluang bisnis yang terbuka lebar akan segera take action dan mulai ternak bebek pedaging. dengan sistem intensif yang cuma membutuhkan waktu 50 hari sudah bisa menghasilkan bebek yang siap jual kepada restoran penyaji olahan bebek.
disini saya mau menawarkan kerjasama pembesaran bebek pedaging dengan sistem intensif full kering dan tanpa angon. serta hasil panen yang menguntungkan.
disini kami menyediakan bibit dod serta pakan yang dibutuhkan untuk ternak bebek pedaging. serta kami melayani pemasaran bebek kembali. jadi peternak tidak perlu memikirkan pemasaran bebeknya nanti.
rincian modal ternak:
kami menjual dengan sistem paket,
1.paket bebek muda umur 50hari senilai 2,5jt peternak akan mendapatkan:
~ dod hibrida 100ekor
~ pakan stater 50kg
~ pakan grower 300kg
~ obat2an selama pemeliharaan
panen kami kontrak harga 19rb ambil ketempat peternak langsung tanpa ada biaya pengangkutan, bebek hibrida umur 50hr rata2 bobot 1,6kg
2. paket bebek tulang keras umur 70hr senilai 3,2jt peternak akan mendapatkan:
~ dod lokal jantan 100ekor
~ pakan stater 50kg
~ pakan grower 450kg
~ obat2an selama pemeliharaan
panen kita kontrak harga 38rb, dengan bobot minimal 1,3kg.
untuk info lengkap bisa hub kami di:
* hp  : 081327013002 / 085749061935
* pin : 28e991f9
* email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Last Updated on Monday, 17 March 2014 05:05
 


Member Area



Whos Online

We have 1 guest online
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday23
mod_vvisit_counterYesterday38
mod_vvisit_counterThis week1741
mod_vvisit_counterLast week422
mod_vvisit_counterThis month3133
mod_vvisit_counterLast month41118
mod_vvisit_counterAll days215121

We have: 1 guests online
Your IP: 54.82.187.225
 , 
Today: Jul 26, 2014
Visitors Counter


Artikel Populer

Artikel Terbaru


Design by abwebizz. XHTML and CSS.